Apakah Artikel Marketing = Artikel Review?

Artikel marketing merupakan jenis artikel yang berbeda dengan jenis artikel review dilihat dari unsurnya hingga gaya bahasa serta maksud atau tujuannya.

Jika dilihat sepintas, memang agak membingungkan antara artikel marketing dan artikel review. Pada dasarnya, keduanya berbeda namun pada kondisi tertentu, artikel review bisa juga menjadi artikel marketing. Namun, bisa melihat dari unsur keduanya untuk bisa membedakan.

Perbedaan Unsur Artikel Marketing dan Artikel Review

Jika cukup sulit untuk membedakan antara artikel marketing dan review, cobalah lihat unsur dari keduanya untuk kemudian dicari letak perbedaannya sehingga dalam menulis artikel marketing akan berbeda dengan artikel review.

Artikel Marketing

Artikel marketing bisa dikatakan sebagai artikel promosi atau artikel tentang pemasaran suatu produk baik barang maupun jasa. Jadi, fokus pada kata ‘pemasaran’. Bisa juga diartikan sebagai alat pemasaran yang dimanfaatkan untuk dapat meningkatkan trafik sebuah blog serta meningkatkan popularitasnya, rankingnya dan kemudian mendapatkan penghasilan dari penjualan produk di website tersebut.

Sehingga, semakin meningkat penjualannya, maka semakin meningkat pula pengunjungnya dan disitulah artikel marketing dikatakan sukses. Namanya pemasaran, berarti memasarkan atau bertujuan menjual suatu produk sehingga jika semakin banyak pembeli, maka tujuan dari artikel marketing tersebut telah sukses.

Selain itu, ciri yang paling utama dari artikel marketing adalah AIDA atau Attention (perhatian), Interest (kesukaan), Desire (keinginan) dan Action (tindakan – membeli). Oleh sebab itu, artikel akan ditulis sedemikian rupa sehingga pengunjung atau pembaca pada akhirnya tertarik untuk membelinya. Artikel semacam ini juga akan disebarkan secara bebas di berbagai media termasuk media sosial. Pihak marketer atau pemasar tidak akan meminta bayaran untuk pembuatan artikel ini.

Artikel Review

Artikel review bisa dikatakan sebagai artikel ulasan yakni mengulas suatu produk baik barang maupun jasa. Fokusnya adalah mengulas produk tersebut dari mulai latar belakang produk hingga kesimpulan tentang produk tersebut dari sisi penulis artikel yang telah membandingkan kelebihan dan kekurangan produk tersebut. Artikel seperti ini berfungsi sebagai pembanding sehingga calon pembeli akan bisa lebih bijak untuk memutuskan apakah ingin membeli atau tidak.

Artikel Marketing dan Artikel Review mana yang lebih Potensial

Jadi, dalam artikel review latar belakang produk seperti merek, alasan produk dikeluarkan, targetnya dan lain sebagainya akan diulas sedikit. Kemudian artikel akan membahas tentang spesifikasi produk yang berisi tentang bahan bakunya, ukuran, bentuk, cara pengemasan, pengolahan, penyimpanan dan lain sebagainya. Setelah itu, pembahasan artikel akan fokus pada keunggulan produk dilihat dari berbagai sisi termasuk sisi konsumen.

Tidak akan lengkap jika artikel review hanya mengulas keunggulan saja karena jatuhnya bisa menjadi artikel marketing. Oleh sebab itu, pada artikel review akan disertakan pembanding berupa kekurangan produk tersebut. Kekurangan produk yang ditulis nantinya bisa menjadi bahan untuk calon pembeli memikirkan ulang apakah produk yang sedang diulas cocok dengan dirinya atau tidak. Oleh sebab itu, calon pembeli akan menjadi lebih bijak dalam menentukan.

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui jika artikel marketing pada dasarnya berbeda dengan artikel review. Artikel marketing memang dibuat untuk memasarkan produk sehingga hanya keunggulan dan alasan kenapa pembaca membutuhkan produk tersebut. Sedangkan pada artikel review, keunggulan dan kekurangan termasuk latar belakang produk tersebut disampaikan semua sehingga posisinya netral. Pembaca diajak mengenal lebih jauh tentang produk tersebut sehingga mampu untuk memutuskan untuk membeli atau tidak.

Sekarang, Anda sudah tahu bagaimana membuat artikel marketing dan artikel review. Hanya saja, pada kasus tertentu, artikel review juga bisa menjadi artikel marketing namun dibuat dengan cara yang lebih halus. Maksudnya, jenis artikelnya memang review namun difungsikan sebagai alat marketing karena bahasa yang digunakan juga halus.

Rekening Pembayaran Jasa Penulis Artikel